Sabtu, 31 Januari 2009

Mencari Uang melalui Affilate

Mencari Uang di Internet melalui Affiliate Program (Non MLM?)

23-07-2008,22:07:29

Seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali cara - cara untuk mencari uang / penghasilan di Internet. Banyak yang buruk dan tidak menghasilkan apa apa bahkan mengakibatkan kerugian baik berupa uang dan waktu, namun ada juga yang benar benar menghasilkan.

Dari sekian banyak usaha-usaha untuk mencari uang / penghasilan di Internet, saya menemukan suatu usaha / cara yang benar - benar menghasilkan uang dengan cara yang benar yaitu melalui affiliate program.


Apa itu Affiliate Program?

Bagi anda yang sudah sering malang melintang di dunia Internet, tentu tidak asing lagi dengan kata affiliate program atau associate program. Kalau anda memperhatikan bahwa pada website - website yang anda kunjung akan terdapat kata affiliate program atau associate program pada list menunya. Seperti pada website toko buku online terkenal Amazon.com, pada menu sebelah kiri ada link 'associates'

Affiliate program disebut juga associate program atau reseller program atau pay-per-sale, pay-per-click pada dasarnya adalah suatu program yang memberikan imbalan (bayaran) kepada member / anggotanya karena memberikan business kepada perusahan pemilik affiliate program tersebut.

Bila and sudah bergabung dalam affiliate program salah satu website tertentu misalnya Amozon.com maka anda akan memperoleh ID dan link / URL khusus untuk anda.
Anda tinggal meletakkan link tersebut pada website anda, maka bilamana ada pengunjung website anda meng-klik link tersebut maka pengunjung akan dibawa ke website pemilik affiliate, dan jika pengunjung tsb membeli product yang ditawarkan pada website tsb maka anda akan memperoleh komisi.

Bagaiman kalau belum mempunyai website?
Anda juga bisa membuat semacam surat rekomendasi dengan menyisipkan link tsb dan kemudian anda kirimkan kepada teman - teman, kerabat dan relasi anda. Bilamana mereka tertarik dan membelinya .... tentu saja anda akan memperoleh komisi. Tapi jangan mengirimkan email ke orang - orang yang tidak anda kenal, itu namanya spaming.

Sebagian besar pemilik affiliate program sangat sangat keras dalam hal spamming. Mereka akan mengelurkan anda dari keangotaan bilamana diketahui anda melalukan spaming atau menyalahi aturan lainnya dan penghasilan anda pun tidak akan diberikan (hangus).


Jenis affiliate program yang membayar bila terjadi teransaksi juga isebut pay-per-sale program. Besar kecilnya komisi tergantung dari perjanjian affiliate program tersebut biasanya berkisar antara 5% sampai 30%, tapi ada juga yang memberikan lebih dari 40%.

Ada juga jenis affiliate program yang lain seperti pay-per-click atau pay-per-lead.
Anda akan memperoleh bayaran bilamana ada pengunjung ke website anda mengklik link affiliate tersebut. jandi anda dibayar karena mengirimkan pengunjung ke website pemilik affiliate program tsb, terlepas apakah pengunjung akan membeli atau tidak. Tentu saja bayarannya jauh lebih kecil dari pay-per-sale program, namun bila banyak yang mengklik dan juga bayarannya dalam US Dollar, lumayan khan.

Gimana? ...... mudah khan?
Tapi harus berhati - hati memilih affiliate program, pastikan bahwa anda memilih affiliate program dari perusahan yang memiliki reputasi yang bagus.

Dan juga affiliate program BUKANLAH 'suatu cara cari uang dengan gampang dan cepat kaya' Bilamana anda mempunyai pemikiran seperti itu, sebaiknya lupakan saja ... tidak akan berhasil.
Namun demikan, melalui affiliate program sangat memungkinkan untuk memperoleh penghasilan yang anda inginkan. Besar kecilnya hasil yang anda peroleh, tergantung dari ketekunan dan kerja keras anda.

Bila anda mempunyai rencana untuk membuka usaha di Internet dan anda belum mempunyai product yang akan anda jual, maka anda dapat memulai usaha dengan melalui affiliate program ini. Jadi anda tidak perlu lagi memikirkan product apa yang harus anda buat, bagaimana pengirimannya, pembayaran, dll. Yang anda pikirkan hanyalah masalah pemasaran saja.

Bilamana anda sudah mempunyai suatu usaha di Internet, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan affiliate program. Anda bisa menawarkan kepada pelangan anda barang atau jasa yang berhubungan denga barang yang anda jual.
Misalnya: anda sudah mempunyai usaha penjualan DVD / VCD / CD baik film atau musik maka anda bisa bergabung affiliate programnya allposter.com yang mana kemudian anda bisa menawarkan poster - poster kepada pelangan anda.

Masih banyak lagi hal - hal mengenai affiliate program sepertinya; bagaimana memilih affiliate program yg benar, kendala - kendal yang akan dihadapi, dan lain lain akan saya sampaikan dalam 'Affiliate program' bagian 2.
Kalau saya bahas sekarang semuanya, akan menjadi sangat panjang dan bisa membosankan.

Dengan demikian, affiliate program bagian 1 saya tutup dulu sampai disini.

Namun bilamana anda tidak sabar menunggu kelanjutannya anda bisa juga membaca artikle - artikle tentang affiliate program dalam bahasa Inggris di:

http://www.marketingoninternet.com/affiliatemaster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar